Bunga Mayang, Kamis 23/12/2021. Mahasiswa Program Studi Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan (PMIP) semester V tahun ajaran 2021/2022 melaksanakan kegiatan field trip atau kunjungan industri ke PT Buma Cima Nusantara (BCN) Unit Bunga Mayang pada Kamis, 23 Desember 2021.  Pada kegiatan ini, mahasiswa didampingi oleh Ketua Jurusan Budidaya Perkebunan, Sekretaris Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan, Ketua Program Studi PMIP, Dosen PS PMIP, PLP/Teknisi, dan staf Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan.

PT BCN merupakan anak usaha PTPN VII (Persero) yang mengelola perkebunan tebu dan pabrik gula (PG) di dua unit, yaitu Unit Bunga Mayang dan Unit Cinta Manis.  PG Bunga Mayang memulai musim giling pada Juni dan tutup giling pada November tahun ini.

Rombongan disambut oleh Dirut PT BCN Putu Sukarmen, General Manager PT BCN Willy Mulyawan, serta jajaran staf PT BCN Unit Bunga Mayang.  Dalam sambutannya, Dirut PT BCN Putu Sukarmen menyambut baik kegiatan field trip sebagai salah satu bentuk komitmen kepedulian perusahaan terhadap dunia pendidikan. Selain menerima kegiatan field trip, PT BCN juga telah rutin menerima mahasiswa PS PMIP yang melakasanakan kegiatan praktik kerja lapang (PKL). Adanya program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) semakin membuka lebar peluang kerja sama dan sinergi antara industri dan perguruan tinggi.

Mahasiswa PS PMIP antusias mengikuti kegiatan field trip yang telah diatur oleh panitia BCN. Kegiatan field trip diawali dengan apel pembukaan di Posko Donomulyo yang dilanjutkan dengan penjelasan tentang proses bisnis di lahan (on farm) oleh asisten manajer (Asmen) kebun. Pos kunjungan selanjutnya adalah ke petak tanaman KTG 21/22 tentang penjelasan role model asisten dan demo kelengkapan asisten.  Mahasiswa turun langsung ke petak tanaman mencoba pekerjaan klentek pada petak tanaman berumur 7 bulan. Kunjungan ketiga menuju Petak 104 untuk melihat kegiatan tanam dan demo alat mekanisasi. Pada kesempatan ini, mahasiswa melakukan beberapa kegiatan dalam proses pekerjaan penanaman meliputi pengeceran bagal, pencacahan bagal, dan penutupan bagal dengan tanah.

             

Pos terakhir berlokasi di kantor pengolahan untuk menyimak penjelasan tentang proses bisnis pengolahan di PG Bunga Mayang. Setelah pemaparan materi berakhir, dibuka sesi tanya jawab. Panitia memberikan apresiasi kepada enam orang mahasiswa yang mengajukan pertanyaan pada sesi ini.  Kegiatan field trip diakhiri dengan penutup oleh General Manager PT BCN dan Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan dan foto bersama.

Feld Trip Mahasiswa PS PMIP ke PT Buma Cima Nusantara Unit Bunga Mayang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *